Akhir akhir
ini, akibat dari naiknya bahan bakar bensin dan naiknya kebutuhan hidup lainnya
maka untuk membeli sebuah mobil bekas membutuhkan pertimbangan matang.
Harga mobil mewah bekas murah sekali, Crown tahun 1995 mungkin sekitar 40 juta,
akan tetapi sebuah Kijang 1995masih sekitar 60 juta. Bila dilihat dari
pemakaian bensin selisih tidak jauh, akan tetapi kalau rusak suku cadangnya
jauh lebih mahal, demikian pula dengan BMW tahun 2000, murah. Maka
sekarang mobil murah perawatan dan irit menjadi incaran peminat mobil bekar
khususnya kantongnya terbatas pada harga 50 jutaan, memilih Corolla, Soluna,
Starlet, Classy, Civic dan Timor serta Suzuki.
Lain pula
yang harus diperhatikan adalah sejarah pemeliharaan mobil tersebut. Bila anda
membeli Toyota atau Honda bisa minta catatan sejarah di dealer setempat,
masalahnya apakah dealer itu mau memberikan karena terkadang ada hubungan baik
dengan bengkel. Namun catatan paling tepat memang ada di dealer, seperti
contohnya sebuah mobil Innova bekas mau di jual kilometernya sudah
di kurangi. Maka data yang benara ada di Komputer bengkel tersebut.
Mestinya penjual tidak perlu membohongi pembeli dengan cara mengurangi
kilometer jarak tempuh.... bisa di tuntut sebagai penipuan lho...........
“Kalau punya duit cukup, saya pasti memilih membeli
mobil baru” demikian ujar seorang teman ketika mengatakan niatnya untuk membeli
mobil. Bagaimanapun juga membeli mobil baru lebih memberikan
perasaan aman, terbebas dari rasa was- was. Tidak demikian ketika berniat
membeli mobil bekas. Berbagai pertanyaan seperti apakah mengatakan kondisi
sesungguhnya dari kondisi mobil tersebut. Apakah mobil pernah mengalami
tabrakan, apakah mesin pernah umup dan turun mesin, apakah oli pernah habis dan
seterusnya. Sehingga membeli mobil bekas pernah dikatakan seperti membeli
kucing di dalam karung. Walaupun harus diakui banyak pula mobil bekas yang
kondisinya masih prima. Berikut ini beberapa saran yang kiranya bermanfaat
bagi calon pembeli mobil bekas.
Daerah asal mobil
Daerah dari mana mobil itu berasal bisa menjadi
petimbangan. Dulu orang senang membeli mobil bekas bernopol (noper polisi) AD,
karena ceritera dari mulut ke mulut yang mengatakan orang Lawean suka
menyimpang mobil ketimbang menggunakan, apalagi sedang hujan. Mereka lebih
memilih numpang bejak dari pada mobilnya kena hujan. Kemudian mobil bekas
berkwalitas bagus katanya bergeser ke Magelang, katanya orang- orang didaerah
itu tidak sering berpergian, sehingga mobilnya berresiko kecil terhadap
kecelakaan. Mobil bekas pantai utara katanya yang paling beresiko karat,
karena sering kena air laut dan mobil B dan D kurang diminati karena urusan
surat-surat sering tidak lancar. Sekarang sudah berubah, orang tidak lagi
mempermasayalah asal mobil, yang penting baik ketika melihat dan pernjanjiannya
jelas.
Dari fisiknya mobil, baik sedan maupun minibus dapat
dilihat, di bagian bawah dari mesin tepatnya dibagian bawah dari radiator
sampai mesin ada sebuah pelat lebar yang digunakan untuk menahan air ketika
mobil masuk ke kubangan. Bisa terbuat dari plastik bisa juga dari plat baja.
Bila pelat ini masih mulus, menunjukan kondisi mobil masih bagus. Bila
yang terjadi sebaliknya, maka hal ini bisa menggambarkan pengemudi
mobil tersebut berwatak kasar yang suka menabrakan mobil ke batu
atau gundukan tanah. Masih di bagian bawah roda depan ada lower arm.
Bagian yang paling rendah ini, kalau tidak berhati- hati disaat melewati jalan rusak
bisa menjadi sasaran bertubrukan dengan batu atau unggukan tanah, bila tampak
penyot artinya mobil kurang dirawat dengan baik.
Senggol-menyenggolan bagian samping sudah biasa
terjadi, akan tetapi yang lebih penting berhati- hati dengan mobil yang
mengalami tabrakan dari depan. Kejadian ini biasanya akan menyebabkan perubahan
pada struktur body mobil. Gejalahnya mobil ketika jalan stirnya menarik ke
salah satu arah dan permukaan ban bisa makan sebelah. Cara periksa memang
agak sulit bagi yang awam, namun mudah bagi teknisi. Bukalah kap mesin dan
perhatikan bagian atas lampu besar. Rapih atau tidak. Apakah banyak bekas
ketokan? Sambungan- sambungan biaanya ada sealer yang nampak masih rapih. Apron
adalah bagian untuk menyangga duduknya roda pada sedan. Pada tabrakan berat
bagian ini biasanya diganti dengan yang baru. Repotnya kalau Anda membeli
mobil bekas yang apronnya dipasang asal sambung. Dempul yang tebal, menjadikan
bagian seolah- olah mulus.
Bagian lain adalah palang di bagian depan radiator.
Khusus Katana. Panther atau Kijang, panel yang melintang ini sulit untuk
dikenteng, biasanya diganti dengan baru. Tetapi bagian yang menjadi
dudukan lampu besar biasanya hanya dikenteng. Coba Anda perhatikan di
bagian belakang lampu tersebut. Bila dempulannya tidak rapi dan di sana
sini ada bekas kenteng, Anda perlu berhati- hati.
Mobil tanpa mesin namanya gerobak. Beli mobil bekas
yang mesinnya sering mogok sehingga harus didorong bisa sama dengan beli
gerobak. Oleh karena itu kondisi mesin harus bagus. Walaupun sekarang
jarang dijumpai mobil yang bearing (metal) nya kruk as bunyi, tetapi tidak
ada salahnya Anda dengar ketika mesin hidup. Start mesin dan injak pedal gas
sedikit- demi sedikit bersamaan letakan kaki kiri pada karpet dan kemudian
rasakan bahwa pada saat pedal gas di injak, RPM mesin mulai naik dan sampai
2.500 apakah ada ketukan di kaki kiri dan bunyi ketukan dari mesin. Bunyi
tersebut menandakan ada bering yang aus, dan untuk memperbaikinya harus turun
mesin (OH mesin) yang memakan biaya tidak sdikit. Kalau tidak ada bunyi
yang dimaksud berarti kondisi mesin baik. Tetang sehat tidaknya mesin secara
sederhana dapat dilihat, asap yang keluar dari ujung knal-pot. Bila
berwarna seperti abu rokok, maka hal itu menandakan keadaan mesin sehat dan
irit.
Sekarang coba mobil dijalankan, di jalan yang mulus
dan kemudian dengarlah bunyi- bunyi. Pada mobil dengan penggerak roda belakang,
coba pedal gas ditambah sehingga kecepatan 80 km/jam. Dengarlah, bila pada
saat kecepatan ditambah, ada bunyi ngingg dan ngung- nging di bagian
belakang dan kemudian hilang bersamaan dengan pedal gas dilepas, maka bunyi ini
disebabkan oleh rusaknya gigi gardan. Harganya mahal, oleh karena itu
perlu dikalkulasi ketika membeli mobil tersebut.
Acap kali pembeli dibohongi oleh yang menjual mobil
bekas dengan cara merubah jarak tempuh yang ada pada spido meter. Diundurkan
sehingga kesannya mobil belum beroperasi jauh. Mobil yang terawat baik, umumnya
memiliki history card di bengkel Dealer. Kebenaran jarak tempuhnyang sudah
terjadi sangat penting bagi mobil yang dilengkapi dengan timming belt. Bila
tidak diganti sesuai petunjuk pabrik, bisa putus dan merusak bagian mesin.
Soal surat- surat juga penting. Kalau Anda ragu-ragu
tentang aslinya surat-surat mobil seperti BPKB, STNK dapat ditanyakan ke Samsat
setempat atau ke dealer. Biasanya di kantor Samsat arsip semua mobil
tersimpang, termasuk arsip mobil luar kota yamh dimutasikan. Anda mungkin pula
menjumpai pada BPKB dan STNK tertulis tahun pembuatan ada 2 tahun, seperti
2000/ 2001. Tidak usah ragu, kendaraan itu tahunnya 2001 sesuai dengan tahun
yang tertulis pada faktur.
Terakhir soal harga. Tidak perlu terlalu bertahan
pada tawaran Anda, bila kondisi mobilnya bagus. Penundaan bisa jadi Anda tidak
jadi memiliki mobil tersebut. Mungkin keesokan hari, ketika Anda berniat untuk
membayar mobil sudahdiambil orang lain. Harus diketahui bahwa umumnya para
penjual mobil bekas mengambil keuntungan antara Rp 500.000 (2008: Rp 1 juta - 5
juta) sampai Rp 1 juta. Penjual mobil bekas akan untung lebih besar kalau
tukar tambah, kedua-duanya untung. Soal janji harus betul-betul tertulis diatas
kertas. Seperti perpanjangnan STNK atas nama jangan mau hanya janji lisan.
Bila Anda sudah
memutuskan membeli dan kemudian kesesokan harinya mobil dibawa kembali karena
tidak senang mungkin karena mesin atau transmisinya rewel, biasanya harus
membayar sekian uang kompensasi. Kalau Anda ingin menukar dengan mobil mobil
lain atau batalkan pebelian, ini menjadi kesempatan menguntungkan bagi penjual. Maka walaupun
agak mahal lebih terjamin membeli mobil bekas pada penjual yang memberikan
jaminan untuk jangka waktu tertentu, sama
halnya atau mendekati pelayanan pembelian mobil baru.
http://www.bengkelgratis.com
3 comments:
Carmall.com sebagai website otomotif nomor 1 Indonesia saat ini menyajikan program Rp 100 ribu tanpa batas bagi dealer mobil bekas yang mau mengiklankan mobil-mobil bekas mereka dengan jumlah tak terbatas ditambah sejumlah keunggulan yang tidak akan dimiliki website-website otomotif lainnya
TOYOTA SEMARANG
Agen BandarQ Online Judi Online RGOSAKONG
Agen Sakong Poker Online IDNSAKONG
Bandar Poker Sakong Online Sakong99
Agen AduQ Judi BandarQ Online WSakong
Agen Domino Ceme Online WSamgong
Agen BandarQ Online
Judi BandarQ Online
BandarQ Online
BandarQ
Agen Judi BandarQ
Posting Komentar